Mengatasi Signal Handphone yang Bermasalah


 Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana solusi untuk handphone dengan sinyal yang bermasalah.
Sinyal merupakan problem yang gampang-gampang susah bagi semua teknisi ponsel. Signal kebanyakan identik dengan PA atau IC PA, walau sebenarnya tidak benar seratus persen. Problem signal mempunyai banyak keterkaitan antara satu IC (komponen) dengan komponen yang lain.

Untuk bisa menyelesaikan problem signal dibutuhkan beberapa syarat mutlak bagi setiap teknisi ponsel. Diantaranya :
Teknisi harus mempunyai pengetahuan tentang fungsi tiap komponen, kedua, teknisi harus mempunyai alat test dan alat perbaikan, serta yang ketiga, teknisi harus mempunya kemampuan lebih atau ilmu plus, maksudnya teknisi harus bisa memecahkan problem dengan tehnik yang berbeda.

Ada bebarapa macam tentang problem signal, diantaranya :
1. Signal lemah
2. Signal naik turun
3. Signal pada lokasi tertentu
4. Signal 5 detik
5. No signal
6. Signal 112 only
7. Signal drop
8. Signal semu
9. Signal sim tertentu

Langkah persiapan awal :
- Lakukan reset atau kembali pada pengaturan awal, yang dapat anda lakukan melalui menu lalu phone setting, setelah itu masukkan 12345.

- Lakukan panggilan 112 only atau jaringan manual, bila bisa maka IC RF dalam keadaan masih baik.

- Lakukan update pada software ponsel anda. Bisa juga melakukan downgrade bila dirasa perlu dan memang versi yang sebelumnya terlalu tinggi.

- Lakukan pengujian tegangan pada komponen seperti IC PA, IC RF, IC AUDIO, apakah sudah mendapat tegangan yang benar.

Bila langkah awal atau persiapan sudah kita lakukan tetapi ponsel masih bermasalah maka dapat dilakukan penggantian komponen sesuai kerusakan yang dialami oleh ponsel tersebut.
- Signal lemah, lakukan penggantian pada IC PA, karena komponen ini berfungsi sebagai penguat.

- Signal naik turun, dapat terjadi karena VCO sudah lemah, fungsi referensi nya sudah terabaikan.

- Signal pada lokasi tertentu, gantilah IC PA nya, karena pasti memakai IC yang tidak orisinil, atau akibat penggantian antena nya.

- Signal 5 detik, terjadi kerusakan pada IC CPU, bisa karena ponsel jatuh, namun bila bukan karena jatuh anda dapat melakukan flashing eeprom virgin, sehingga ponsel jadi normal kembali.

- No. Signal, pada ponsel jatuh lebih banyak kerusakan pada IC Audio, fungsi konverternya tidak berhasil.

- Signal 112 only, merupakan signal hanya dari IC RF, anda bisa mengganti IC PA karena sudah tidak fungsi lagi.

- Signal drop, ini diakibatkan karena IC PA, walau IC PA sendiri masih berfungsi tapi pemakian arus yang sangat tinggi sekali, bisa mencapai 600 mA.

- Signal semu, indikator tampak baik dan penuh, tapi tidak bisa melakukan panggilan, lebih banyak dikarenakan Antena, fungsi penghubung yang terputus.

- Signal sim tertentu, dikarena program atau SW bisa dilakukan clear SP Lock dan bisa juga akibat penggantian IC PA tidak presisi atau IC PA tidak ori.


(khusus untuk teknisi yang berpengalaman)

Bookmark and Share

7 komentar:

dalcell mengatakan...

kebetulan lewat sekalian numpang nanya.....
klu signal hilang kadang muncul lagi tapi kalau muncul signalnya lemah kadang bisa malakukan panggilan kadang tidak tapi kebanyakan tidak bisa malakukan panggilan..

dalcell mengatakan...

rfx nya yang lemah atau apanya yaa..

Theo_covallent mengatakan...

silahkan masuk ke menu setting dan dan masuk ke mode pencarian manual, setelah searcing ketemu beberapa nama operator jaringan masukkan sesuai dengan kartu yg anda gunakan, setelah itu restart handphone anda.

kalau cara diatas masih belum bisa, coba ceck dengan menghubungi operator terlebih dahulu, kalau memang jaringan tidak ada yg bermasalah bisa jadi signal pada hp anda yg bermasalah.
langkahnya ikuti tutor diatas.

Unknown mengatakan...

Gan saya mau tanya,tab advan vandroid T1H punya saya sinyalnya selalu E,tadinya sinyal H dan internetnya lancar,skrng malah ga ada sinyal sma skali udah sya coba ganti kartu apapun tetap sama,tadinya saya pake kartu 3,mohon pencerahannya gan..sy blm dapet solusi tentang msalah saya apa mungkin hardwarenya yang bermasalah atau settinganya...thanks

reyhan abimanyu mengatakan...

permisi gan, sy mau tanya untuk android sy Advan Vandroid T1H. dari sy beli kok sinyal nya EDGE terus kenapa ya?
1. sy pakai kartu 3
2. di tempat sy support 3G/HPDPA , HP nya juga support
3. sy sudah setting *#*#4636#*#* , sudah pilih WCDMA only tp sinyalnya malah hilang, sudah pilih radio japan juga.
4. sy coba cari sinyal secara maual juga tdk bisa

terimakasih gan mohon pencerahannya

Marta Ziral mengatakan...

permisi gan saya mau tanya. saya punya android, android saya ini bermasalah gan. masalah ny aplikasi di android saya ini seperti hilang sinyal, setiap buka aplikasi muncul pemberitahuan koneksi tidak terhubung, padahal sinyal di atas H+ gan dan status bbm jg terhubung gan. saya mohon bantuan nya gan, terimakasih sebelmnya gan..

ADELE ADRIANA AGATHA mengatakan...

Happy Weekenda para member setia AGENS128, kali ini kami ingin memberikan info kepada kalian untuk kalian yang ingin bermain game online sabung tanpa rekening bank HANYA MENGGUNAKAN OVO MOBILE, transaksi akan jauh lebih cepat dan mudah dan anda tidak perlu harus keluar masuk mesin ATM karena transaksi bisa langsung di genggaman anda, ayo download APP OVO MOBILE sekarang juga dan DAFTARKAN DIRI ANDA bersama kami dan menangkan PULUHAN JUTA RUPIAH sekarang juga, kami tunggu kehadiran kalian semua untuk bermain dan menang bersama kami .

Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
WA : 0852-2255-5128

Ayo tunggu apalagi !!

Posting Komentar